Rabu, 23 November 2016

Kolesterol

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.
Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.
Berikut ini adalah struktur kolesterol
Gambar
Gambar
 

Fungsi Kolesterol di Dalam Tubuh

Berikut fungsi kolesterol didalam tubuh untuk menghasilkan :
  • Tubuh menggunakan kolesterol untuk menghasilkan garam empedu, berfungsi untuk membantu usus dalam menyerapan lemak.
  • Tubuh menggunakan kolesterol untuk menghasilkan vitamin D, berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.
  • Tubuh menggunakan koleterol untuk menghasilkan hormon seks yang berperan sangat penting dalam perkembangan dan fungsi organ seksual.
  • Tubuh menghasilkan kolesterol untuk menghasilkan hormon korteks adrenal, mempunyai peran yang sangat penting untuk metebolisme didalam tubuh serta keseimbangan garam didalam tubuh.
Kolesterol LDL
Kolesterol LDL (Low Densisty Lipoprotein) atau biasa disebut sebagai kolesterol jahat. Kandungan ldl yang tepat dalam tubuh sekitar 60% sampai 70%. LDL akan membawa kolesterol ke seluruh tubuh yang membutuhkan melalui jaringan arteri. Dia akan mengirimkan kapan saja ketika sel tersebut membutuhkan. Tetapi ketika ldl terlalu banyak, akan menimbun kolesterol pada arteri sehingga menyebabkan plak-plak. Timbunan kolesterol tersebut akan menyumbat saluran pembuluh arteri. Ldl berpengaruh dengan kadar lemak jenuh dalam tubuh dan kandungan kolesterol yang kita makan. Sehingga ketika kadar kolesterol tinggi, anda harus melakukan diet rendah lemak.
Kolesterol HDL
Diatas kita sudah membahas mengenai kolesterol ldl, lalu apa perbedaannya dengan kolesterol hdl. Kolesterol hdl merupakan kolesterol baik yang aman untuk tubuh walaupun kadarnya tinggi. HDL (High Desity Lipoprotein) tidak mengandung banyak lemak seperti ldl tetapi mengandung banyak protein. Ldl berfungsi sebagai pengantar kolesterol sedangkan hdl berfungsi sebagai pembersih dalam saluran pembuluh darah arteri. Jadi hdl akan membersihkan ldl yang terlalu tinggi dalam pembuluh darah arteri untuk kembali ke hati dan dicoba untuk didaur ulang kembali. Jika kadar hdl tinggi resiko penyakit jantung sangat kecil tetapi jika hdl rendah akan mengakibatkan penyakit jantung.
Trigleserida
Kalau kolesterol ldl adalah kolesterol yang baik dan kolesterol hdl adalah kolesterol yang jahat. Terdapat satu jenis lemak lagi dalam tubuh yaitu trigleserida. Trigleserida merupakan salah satu jenis lemak dalam tubuh yang mengandung banyak sekali energy. Ketika anda mengkonsumsi makanan dan energy dalam tubuh sudah tercukupi, sebagian energy akan disimpan sebagai trigleserida. Kadar trigleserida yang normal sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi jika terlalu tinggi akan mengakibatkan penyakit jantung, darah tinggi dan diabetes.
Peoses pembentukan kolesterol
Hasil gambar untuk proses pembentukan kolesterol
Tahapan pembentukan kolesterol secara garis besar dibagi menjadi 4 tahap seperti gambar pada skema di bawah ini

Video pengendapan kolesterol pada pembuluh darah serta efek yang menyertainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar